Sabtu, 16 Mei 2020

Pola Hidup Sehat dan Benar



                                                           Pola Hidup Sehat dan Benar

1. Pola Hidup Sehat dengan Mengonsumsi Makanan Bergizi
    Makanan adalah salah satu faktor utama dalam hidup sehat. Kamu dapat mengganti makananmu dengan mengonsumsi makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat, dan banyak vitamin. Makanan penuh gizi akan sangat membantu untuk menjadikan tubuh kamu lebih sehat. Hindari makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh.
2. Perbanyak Olahraga
    Rutin berolahraga bukan hanya bagian pola hidup sehat dari orang yang memiliki usia muda. Olahraga adalah kegiatan yang penting dilakukan. Berapapun usiamu, usahakan untuk tetap melakukan olahraga. Banyak orang berpikir bahwa olahraga melelahkan. Tetapi, olahraga sangat mambantu kita untuk menjalani pola hidup sehat agar tubuh kita tetap sehat.
3. Istirahat yang Cukup
    Istirahat yang cukup adalah bagian yang penting dalam menjalani pola hidup sehat. Kebutuhan istirahat dan tidur setiap individu berbeda-beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia dewasa muda (18-25 tahun ) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung. Namun jangan salah, tidur berlebihan juga tidak baik dan akan merugikan.
4. Perbanyak Minum Air Putih dan Gosok Gigi Secara Teratur
    Terkadang banyak orang mengabaikan kesehatan mulut mereka. Padahal kesehatan mulut sangat berkaitan erat kebugaran tubuh kita. Karena mulut adalah tempat dimana bakteri mudah berkembang biak karena kondisinya yang lembab. Jadi apabila bakteri yang ad pada mulut dibiarkan, dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Maka, jagalah kebersihan mulut dengan baik. Perbanyak minum air putih untuk memancing produksi air liur yang banyak.
5. Berpikir Positif
    Secara psikologi berpikir positif adalah aktivitas berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan aspek positif pada diri, baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad, maupun keyakinan diri sehingga memunculkan perasaan, perilaku, dan hal baik yang menjadi sistem berpikir. Berpikir positif banyak manfaatnya yaitu membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Berpikir positif tidak hanya dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, tetapi juga dapat menunjukkan pengaruh kondisi seseorang secara keseluruhan sehingga mampu memperpanjang usia.